POWERFUL ONBOARDING

Nahkoda yang bijaksana mengenal seluk beluk kapalnya dan mengerti karakter lautan yang akan diarungi.

Itulah ibaratnya seseorang yang akan memulai bekerja di suatu perusahaan/instansi yang baru.

Sebagai karyawan, tentunya menjadi aktor utama dalam menentukan keberhasilan diri di suatu posisi tertentu dalam sebuah organisasi. Dan pengenalan terhadap seluk beluk organisasi mulai dari Visi, Misi, dan Tujuan organisasi sangatlah penting untuk bisa menyesuaikan diri mendukung keberhasilan organisasi. Apakah hanya cukup itu saja? Tentunya tidak. Karena mengenal dan bekerjasama dengan tim yang telah ada sebelum karyawan tersebut bergabung di organisasi, adalah sangat penting. Demikian juga karyawan harus menyesuaikan kemampuannya baik pengetahuan, keterampilan maupun sikap, untuk berkontribusi positif bagi organisasi.


“Welcome to the Jungle”.

Jika Anda sebagai karyawan baru di tempat yang baru, kadang Anda menemui kondisi awal, merasa “asing”.

Tidak perlu cemas, dikarenakan pastinya perusahaan juga akan menyambut Anda sebagai karyawan baru dengan baik melalui sebuah program: Onboarding. Program ini dilaksanakan oleh bagian Human Resources (HR) yang bekerjasama dengan Unit Kerja di mana Anda nantinya akan ditempatkan. HR akan memandu Anda “secara umum” untuk siap memasuki “rumah baru” Anda, sedangkan Unit Kerja Anda akan memandu Anda secara khusus. Secara umum HR biasanya akan mengenalkan organisasi kepada Anda, hak dan kewajiban sebagai karyawan dan sebagainya. Sedangkan secara khusus, Unit Kerja Anda akan menyiapkan ruangan, meja, kursi, peralatan kerja (termasuk userID, password jika diperlukan), dan sebagainya. Atasan langsung (Direct Supervisor) Anda akan menjadwalkan diskusi one on one dengan Anda tentang KPI (Key Performance Indicator), tugas dan wewenang Anda, dan sebagainya.

Anda juga akan diberi kesempatan untuk berkenalan dengan karyawan-karyawan di organisasi baru Anda, terlebih dengan bagian-bagian yang berkaitan langsung terhadap posisi/jabatan Anda.

Segala sesuatu dipersiapkan dengan penjadwalan yang baik sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia sejak hari pertama mulai masuk kerja.

Program Onboarding yang baik akan menentukan efektivitas dan efisiensi proses penerimaan karyawan baru sejak awal.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

14 Agustus 2020

Teguh B. Supahwan – Consultant @Sarel Sentra Inspira





“What are the next steps?”

Link to our Services https://www.sarel.co.id/our-services.html

Link to our Public Seminars https://www.sarel.co.id/public-seminars.html

or Contact us:

sarel@sarel.co.id | Phone (021) 4517458 / 458509571; HP 0878-7722-4521 | website: www.sarel.co.id

© 2021 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved